Lima Gim Terbaik 2020

Saatnya membeberkan lima gim terbaik 2020 versi penulis di gimugemu! Apakah versi remake/definitive/enhance termasuk? Ya! Asalkan gim tersebut diterbitkan pada tahun 2020, maka semua termasuk.

Jadi tanpa menunggu lama, lima gim terbaik 2020 versi penulis di gimugemu!

Parang Gamanata

05. 13 Sentinels: Aegis Rim

Lima gim terbaik 2020 - 05. 13 Sentinels Aegim Rim

Naratif yang sangat luar biasa dari gim ini memastikannya berada di urutan kelima gim terbaik 2020 versi saya. Bagaimana tidak, cerita yang diberikan sepotong-sepotong oleh gim ini terasa menjadi sangat spesial ketika sudah mendekati akhir dimana Anda mulai menyusun kepingan teka-teki tersebut dan “Ting!” Anda mulai mengerti A sampai Z dan terperangah kagum.

Dan sesi “battle”-nya pun sangat menyenangkan walau mulai terasa sedikit repetitif di dekat akhir-akhir. Rasa repetitif itu agak sedikit terobati dengan tingkat kesulitan yang didesain sebaik mungkin sehingga terasa menantang tanpa membuat frustrasi pemain.

04. Paper Mario: Origami King

Lima gim terbaik 2020 - 04. Paper Mario: Origami King

Mungkin terlihat sedikit aneh apabila Paper Mario: Origami King menempati urutan ke-empat di atas 13 Sentinels: Aegis Rim, namun hal itulah yang saya rasakan. Bagi saya, salah satu hal terpenting dari sebuah gim adalah bagaimana gim tersebut membawa saya ke dalam dunianya dan Paper Mario: Origami King menurut saya sangat baik dalam hal tersebut.

Karakter-karakter yang terasa sangat hidup, baik dari dialog merek, cara berbicara, serta tingkah laku, membuat saya merasa memiliki keterikatan emosional dengan mereka.

Putri Olivia dan Bobby adalah dua karakter yang sukses membuat saya berlinang air mata ketika memainkannya dan membawa saya kembali ke dunia seperti Final Fantasy VII di masa SMP.

03. Yakuza: Like a Dragon

Lima gim terbaik 2020 - 03. Yakuza: Like a Dragon

Sebagai usaha untuk menyegarkan kembali seri Yakuza, menurut saya Yakuza: Like a Dragon sangat berhasil. Walaupun bukannya tanpa cacat, Yakuza: Like a Dragon dengan karakter utama dan pendukung yang sangat baik, cerita yang menurut saya juga mencukupi standar RGGS, dan perubahan sistem yang selain memberikan angin segar, juga memberikan pendekatan baru bagi serial ini, siap untuk menjadi legenda di masa depan.

Selamat datang Ichiban Kasuga! Jangan lupa untuk membaca ulasan Yakuza: Like a Dragon!

02. Final Fantasy VII Remake

Lima gim terbaik 2020 - 02. Final Fantasy VII Remake

Tentu saja ini harus ada di daftar gim terbaik 2020 saya seperti yang terindikasikan di atas. Gim yang mewarnai masa kecil saya ini benar-benar dipoles dengan sangat baik sehingga waktu penantian yang sangat panjang terbayar. Saya juga tidak ada masalah dengan sistem episodik yang diterapkannya.

Bagi saya, Final Fantasy VII Remake sangat sukses membuat Aerith lebih berkarakter, dan wow, hampir membuat saya yang sangat menyenangi Tifa sedari kecil jatuh hati. Saya berharap episode berikutnya akan lebih memoles, memperdalam, dan menambahkan fokus ke karakter Tifa.

Dan tentu saja, semoga Red XIII semakin mendapatkan peran yang baik di episode kedepannya, setidaknya menjadi karakter yang dapat dimainkan/dikendalikan sepenuhnya oleh pemain.

01. Xenoblade Chronicles: Definitive Edition

Lima gim terbaik 2020 - 01. Xenoblade Chronicles: Definitive Edition

Saya sudah kehabisan kata-kata untuk gim ini. Cerita yang luar biasa, kemampuan untuk membangun ikatan emosional yang sangat kuat dengan para karakternya, musik yang mampu berkomunikasi dengan para pemain, tambahan-tambahan kecil yang sangat mendetail yang membuat bermain dan menyelesaikan quest menjadi lebih menyenangkan, dan lain macamnya membuat Xenoblade Chronicles: Definitive Edition merupakan yang terbaik di antara yang terbaik untuk tahun 2020 ini menurut saya.

Siapa sangka gim yang awalnya dirilis tahun 2010 ini masih begitu baik dimainkan dan tetap relevan pada tahun 2020? Saya benar-benar terkesima.

Gim yang Lain

Mana Hades? Mana Animal Crossing? Mana “gim X”? Tentu masih banyak sekali gim yang menarik yang tidak masuk di dalam daftar karena mungkin kurang begitu membekas di hati penulis, atau memang belum dimainkan karena keterbatasan waktu dan biaya (karena kami tidak mendapatkan review code, semua membeli sendiri di tanggal rilis).

Semoga kedepannya gimugemu dapat memainkan lebih banyak lagi gim dan menyajikan ulasan-ulasan yang baik sehingga dapat membantu Anda menentukan gim berikutnya yang Anda akan mainkan.

Bagaimana dengan Anda? Apa lima gim terbaik 2020 versi Anda? Kami tunggu ya di kolom komentar!