Serangan Siber Membuat Situs Koei Tecmo Eropa Ditutup

Pagi ini situs Koei Tecmo Eropa mendapat serangan siber yang membuat situs Koei Tecmo Eropa dan Amerika Utara ditutup sebagai upaya berjaga-jaga.

Setelah serangan siber terhadap Capcom beberapa minggu lalu, cabang Eropa Koei Tecmo menyusul ditarget oleh serangan siber walaupun dengan kerusakan yang tidak separah seperti yang terjadi pada Capcom dimana sekitar 1TB data-data sensitif berhasil diretas dan dicuri.

Melalui rilis pers pada tanggal 29 Desember, Koei Tecmo melaporkan adanya resiko bocornya sekitar 65.000 akun forum Koei Tecmo. Diduga telah terjadi sejak tanggal 25 Desember.

Adapun yang sudah dikonfirmasi bocor adalah:

  • Nama akun
  • Kata sandi akun (dalam kondisi terenkripsi)
  • Alamat surel

Saat ini, hasil dari penyelidikan mengatakan bahwa tidak ada info kartu kredit ataupun data-data sensitif pelanggan maupun karyawan yang bocor/dicuri. Hanya informasi masuk pengguna forum saja yang sejauh ini berhasil diretas.

Atelier Ryza 2, salah satu gim yang akan diluncurkan oleh Koei Tecmo yang karena serangan siber membuat situs Koei Tecmo Eropa ditutup
Atelier Ryza 2, salah satu gim yang akan diluncurkan oleh Koei Tecmo

Untuk penyelidikan dan menghindari kerusakan yang lebih parah, situs resmi Koei Tecmo Amerika dan Koei Tecmo Eropa telah dimatikan dan saat ini tidak bisa diakses. Jaringan internal Koei Tecmo Eropa telah diputus dari seluruh jaringan internal juga. Kedua situs diarahkan ulang ke laman kosong yang menyatakan “Karena kemungkinan adanya serangan siber dari luar ke situs web ini, maka situs web ini sementara ditutup agar kami dapat menginvestigasi isu tersebut.”

Selama investigasi berlangsung, sebuah klaim pertanggungjawaban dibuat di sebuah forum yang bersinggungan dengan dunia peretasan. Klaim tersebut menyatakan mereka juga menjual informasi akses FTP dan akun Twitter Koei Tecmo melalui bitcoin.

Siapapun dengan akun Koei Tecmo Eropa dianjurkan untuk mengganti kata sandinya.


Sumber dari DualShocker dan NintendoLife