Minecraft Earth Akan Tutup di Bulan Juni

Mojang Studios telah mengumumkan kalau mereka akan menutup gim seluler AR Minecraft Earth, yang seperti halnya Pokemon Go, mengizinkan pemain berinteraksi dengan gim yang dilapiskan dengan data GPS dunia nyata.

Dalam rilis blog mereka, tim Minecraft Earth mengonfirmasikan bahwasanya gim tersebut akan ditutup layanannya pada tanggal 30 Juni 2021 yang, walaupun tidak disebutkan secara langsung, terdampak oleh pandemi COVID-19.

Minecraft Earth

Seperti halnya juga Pokemon Go, Minecraft Earth yang dirancang berdasarkan dengan kebebasan bergerak di dunia nyata dan permainan kolaboratif, menjadi sangat sulit untuk dilakukan di kondisi dunia yang sekarang ini sedang dilanda pandemi.

Para pengembang sendiri masih akan mengeluarkan satu pemutakhiran terakhir sebelum akhirnya menutup layanan pada 30 Juni 2021.

Sebagai bagian dari pemutakhiran tersebut, Minecraft Earth akan menghilangkan transaksi yang menggunakan uang nyata, mengurangi ongkos ruby, menambahkan seluruh konten, baik yang sudah selesai maupun belum, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk crafting dan smelting, dan banyak lagi lainnya.

Lalu pada tanggal 30 Juni, Mojang akan menghentikan seluruh konten dan layanan untuk Minecraft Earth yang artinya orang-orang tidak lagi dapat mengunduh atau memainkan Minecraft Earth. Pada tanggal 1 Juli, Mojang akan menghapus seluruh data pemain Minecraft Earth yang tidak berhubungan dengan Character Creator.

Sebagai bonus, siapa pun yang telah membayar untuk mata uang di dalam gim akan menerima Minecoins yang bisa digunakan di Minecraft Marketplace, dan siapa pun yang telah melakukan transaksi pembelian di Minecraft Earth akan diberikan Minecraft Bedrock Edition, gratis.


Sumber: Minecraft Earth via IGN