Capcom Umumkan Kebijakan Video Baru Bagi Pencipta Konten

Perhatian para streamer dan para pencipta konten di YouTube! Capcom telah mengumumkan kebijakan video baru pada tanggal 6 Januari 2021 lalu bagi para pencipta konten yang ingin berbagi video dari gim-gim buatan Capcom.

Kebijakan, atau mungkin lebih tepatnya, aturan-aturan baru ini mengatur bagaimana video-video yang mengandung hak cipta dari Capcom seharusnya dibagikan ke internet.

Capcom Umumkan Kebijakan Video Baru Bagi Pencipta Konten
Gambar adalah hak cipta dari Capcom

Capcom masih mengizinkan konten-konten kreatif tersebut diunggah namun dengan beberapa catatan yang sedikit kontroversial seperti “komentar-komentar” di konten tersebut harus mengandung “nilai-nilai pendidikan,” atau “instruksional,” dan masih berhubungan dengan gim yang berada di dalam konten tersebut.

Dan Capcom juga melarang untuk para pencipta konten untuk tidak memasukkan konten mereka sendiri di dalam konten gim dari Capcom tersebut. Dengan kata lain, video playthrough tanpa komentar atau tanpa penambahan rekaman orisinil apabila gimnya tidak mendukung berbagi rekaman gim internal (dengan kata lain direkam via perekam eksternal, seperti HDMI Capture Card) bisa saja dianggap bermasalah sewaktu-waktu oleh Capcom.

Capcom juga menyatakan konten-konten tersebut dilarang untuk dikomersialisasikan kecuali melalui kanal-kanal yang sudah disetujui sebagai mitra Capcom seperti misalnya YouTube, Twitch, dan lainnya. Permintaan donasi masih diizinkan apabila melalui kanal-kanal tersebut dan video bisa diakses oleh umum.

Hal ini mungkin berhubungan dengan bagi hasil yang didapatkan Capcom melalui mitra-mitra tersebut.

Untuk lebih lengkapnya mengenai kebijakan-kebijakan baru tersebut, seperti halnya larangan untuk menggunakan lagu lain selain lagu dari Capcom apabila konten mengandung produk intelektual dari Capcom, bisa Anda lihat di laman resmi Capcom.