Microsoft Pernah Mencoba Membeli Nintendo 20 Tahun Lalu

Siapa sangka kalau ternyata di belakang layar, Microsoft pernah mencoba membeli Nintendo sekitar 20 tahuh yang lalu menurut wawancara dengan tim Xbox di artikel “Sejarah Pembuatan Xbox Pertama” yang dimuat di Bloomberg.

Staf-staf yang terlibat dalam pembuatan konsol tersebut mengatakan secara terbuka kalau mereka sempat ingin menggunakan dana jutaan dolar milik Microsoft untuk mendapat gim-gim yang dirilis eksklusif untuk Xbox dan mereka benar-benar bertemu dengan perwakilan Nintendo untuk mengetahui apakah mereka bisa mempertimbangkan untuk diakuisisi.

Microsoft Pernah Mencoba Membeli Nintendo 20 Tahun Lalu

Namun menurut Kevin Bachus, mantan direktur relasi pihak ketiga Xbox, pertemuan tersebut tidak berakhir dengan baik.

Menurut Kevin, ia diperintahkan oleh Steve Ballmer, mantan CEO Microsoft, untuk bertemu dengan Nintendo dan memaparkan rencana pembelian tersebut.

“Mereka hanya tertawa terbahak-bahak,”

Ujar Kevin sembari melanjutkan ceritanya,

“Bayangkan, sebuah rapat sepanjang satu jam dimana Anda ditertawakan terus menerus. Seperti itulah kira-kira rapatnya.”

Tidak berhenti sampai di situ, Microsoft kembali mengadakan satu rapat dengan Nintendo. Tim dari Microsoft diwakili oleh kepala pengembangan bisnis saat itu, Bob McBreen yang mengatakan rapat yang lakukan pada bulan Januari 2000 tersebut membahas detail kerja sama yang melibatkan kedua pihak. Isi dan tujuan rapat itu kurang lebih berbunyi:

“Xbox akan bertanggung jawab untuk perangkat kerasnya, Nintendo akan membuat gim-gimnya, karena perangkat keras mereka kalah melawan Sony PlayStation.”

Rencana itu akhirnya amblas juga karena Nintendo menolak lagi.

Akhir-akhir ini Nintendo dan Microsoft lumayan mesra dengan hadirnya Banjo & Kazooie dari seri Banjo Kazooie (yang dahulunya dirilis di konsol Nintendo sebelum Rare, studio pembuatnya, dibeli oleh Microsoft) dan juga Steve dari Minecraft di Super Smash Bros. Ultimate.