Pojok Retro – Iklan Gim Jaman Dahulu

Salah satu hal yang paling saya sukai ketika saya masih duduk di bangku SD-SMP adalah membaca majalah gim impor yang diberikan oleh orang tua saya. Dan dari banyaknya kolom-kolom di majalah tersebut, salah satunya yang paling saya sukai adalah…iklan-iklan gim jaman dahulu.

Bagaimana tidak? Iklan-iklan yang dimuat rata-rata datang dengan komposisi desain yang sungguh menarik dan terkadang cukup aneh. Dan tak jarang pula datang dengan komposisi yang ramai dan nge-jreng namun masih informatif yang tak ayal membuat mata saya sebagai seorang anak SD-SMP membelalak bahagia.

Pojok Retro kali ini akan membahas beberapa iklan gim jaman dahulu di majalah gim yang penulis anggap sangat keren sekali dari kacamata seorang anak SD-SMP yang mungkin apabila ditilik dari kacamata desain jaman sekarang, akan terlihat cukup cringy dan norak ya, haha.

Iklan-Iklan Gim Jaman Dahulu

Iklan Gim Jaman Dahulu - Killer Instinct

Iklan untuk gim Killer Instinct di Game Boy yang mirip dengan iklan Sega yang isinya seperti daftar menu yang menawarkan gim-gim serta konsol dari Sega berserta harganya. Salah satu iklan favorit penulis karena entah kenapa komposisinya sangat enak untuk dilihat dan gampang untuk dimengerti.

Iklan berikutnya adalah iklan untuk gim yang bisa disebut NBA Jam-nya NCAA Basketball. Penulis suka iklan ini bukan karena mengerti dan mengikuti NCAA ketika jaman SD-SMP dahulu, melainkan karena banyak sekali logo-logo keren dari para klub universitas yang bertanding.

Iklan Gim Jaman Dahulu - College Slam

Satu lagi iklan favorit tapi juga sedikit menyeramkan haha. Saya suka sekali ikan untuk WipeOut (yang pertama) ini karena estetika yang menurut saya melebihi jamannya. Menurut saya yang paling spesial adalah fon untuk logonya dan juga ikon-ikon kecil yang terletak di bawahnya.

Entah kenapa saya selalu teringat The Designer’s Republic apabila melihat iklan ini (Beberapa elemen dari WipeOut 3, seperti logo, menu di dalam gim, skema warna, dan banyak lagi lainnya memang didesain oleh The Designer’s Republic)

(Pemutakhiran: The Designer’s Republic memang yang merancang iklan ini)

Iklan Gim Jaman Dahulu - WipeOut

Dan masih dari Psygnosis, iklan ini juga menjadi favorit saya ketika itu karena banyak sekali informasi dan gambar-gambar yang diberikan. Saya paling suka melihat gambar Discworld dan berpikir sepertinya itu gim yang sangat keren.

Entah kenapa penerbit asal Inggris Raya ini selalu keren iklan-iklannya di mata saya saat saya duduk di bangku SD-SMP. Mungkin kecuali untuk 3D Lemmings ya, saya kurang suka iklannya pada masa itu.

Spanduk di atas juga berasal dari salah satu gim besutan Psygnosis, Destruction Derby.

Iklan Gim Jaman Dahulu - Psygnosis Semua

Dan yang terakhir tentu saja jenama yang pada masa tersebut dikaitkan dengan persona keren dan kekinian, Sega. Saya suka dengan tata letaknya yang sederhana serta warna kuningnya.

Iklan Gim Jaman Dahulu - Sega

Adakah iklan gim jaman dahulu yang Anda sukai? Bisa dari majalah gim lokal juga seperti GameStation, HotGame, dan sejenisnya? Tulis di komentar di bawah ya!