Materia Collective Belum Membayar Royalti Komponis Lagu-lagu Gim

Semakin banyak komponis lagu-lagu gim yang menuduh label musik dan penerbit Materia Collective belum membayar royalti dari lagu-lagu yang mereka tulis selama hampir dua tahun, termasuk di dalamnya adalah komponis 2 Mello yang berkontribusi menulis lagu untuk Celeste.

2 Mello mengatakan via cuitan bahwa ada setidaknya 3 lagi musisi di dalam album yang dijual terpisah dari gimnya seharga 65.000 Rupiah tersebut yang juga belum diberikan haknya oleh pihak Materia Collective selama lebih kurang dua tahun.

Hanya dalam beberapa jam, beberapa komponis mulai bersuara juga menentang Materia Collective seperti halnya Laura Intravia yang pernah menulis beberapa lagu untuk Destiny 2 dan Mortal Kombat 11 yang mengklaim telah dihilangkan haknya selama 13 bulan terakhir.

Materia Collective Belum Membayar Royalti

Sementara komponis ZED, Alex Parish, belum mendapatkan haknya sejak Juli 2019.

Pihak Materia telah memberikan pernyataan maaf mereka dan mengakui bahwa hal tersebut terjadi karena perangkat lunak mereka, “Materia Dashboard,” yang berfungsi untuk melacak pembayaran royalti para artis, tidak lagi mampu menjalankan tugasnya dan tidak berjalan dengan semestinya.

Mereka juga berjanji untuk membayarkan penuh seluruh hak-hak artis termasuk para komponis di atas pada sekitar pertengahan Februari. Materia Collective juga menghilangkan ambang pembayaran minimum agar memastikan semua orang dibayar, terlepas dari berapa pun jumlahnya.

Materia Collective dikenal dengan album persembahan mereka untuk seri-seri seperti Final Fantasy dan juga Kingdom Hearts. Mereka mengambil alih tugas penerbitan untuk lagu gim Celeste pada Juli 2019 setelah komponis utama Lena Raine menyerahkan hak distribusi.


Sumber