Euro Truck Simulator 2 dan Anti-Vax

Euro Truck Simulator 2 lewat pengembangnya SCS Software mengumumkan “Hauling Hope,” sebuah acara di dalam gim tersebut serta saudaranya American Truck Simulator yang menantang para pemain untuk mengirimkan vaksin COVID-19 ke beberapa lokasi di dunia.

Sayangnya hal tersebut mengundang beberapa suara sumbang dari penggemar dan mungkin sekaligus anti-vax yang menganggap studio tersebut menyuntikkan “politik” ke dalam Euro Truck Simulator 2, sebuah persepsi yang sangat salah, bodoh, dan konyol tentunya.

SCS Software memutuskan untuk memberikan sebuah klarifikasi yang menyatakan kalau mereka tidak memihak pro-vaksin maupun anti-vaksin. Sebuah pernyataan yang sangat aneh mengingat parahnya pandemi kali ini melanda dan tema dari acara di dalam gim tersebut yang berarti “Membawa Harapan.”

Euro Truck Simulator 2 01

Tak lama kemudian, studio tersebut memberikan rilis pers kedua yang mengklarifikasi pernyataan pertama mengenai vaksin merupakan kesalahan yang terjadi karena keterbatasan bahasa, bahwasanya apapun pandangan pemain terhadap vaksin, tujuan mereka adalah memberikan sorotan ke para supir truk yang telah bekerja keras.

Pernyataan tersebut terasa sedikit lebih baik walaupun terasa masih kurang mengena untuk melawan para anti-vax yang sangat membahayakan, walaupun dapat sedikit dimaklumi karena SCS Studio merupakan pengembang berukuran tidak terlalu besar yang berasal dari Republik Ceko yang tidak dilengkapi dengan baik untuk menangani kekecewaan internasional karena sebuah pernyataan yang seharusnya simpel mengenai hal baik yang terjadi di Euro Truck Simulator 2.

Produser mereka, Tomáš Duda, berjanji akan membuat sistem untuk yang akan datang di mana beberapa orang akan mengulas seluruh rilis pers perusahaannya sebelum memuatnya untuk publik.

Euro Truck Simulator 2 02

Di email selanjutnya, SCS Studio membuat garis batas yang lebih jelas dan meminta maaf atas ketidakjelasan mereka dalam urusan vaksin yang diakibatkan oleh pernyataan mereka sebelumnya.

Dalam email tersebut mereka mengatakan kalau mereka secara jelas mengakui ancaman global yang diakibatkan oleh COVID-19 dan mereka percaya bahwa satu-satunya jalan keluar adalah untuk dengan percaya terhadap ilmu pengetahuan dan mengikuti protokol kesehatan.

Dan tentu saja, mereka menjelaskan bahwa acara di dalam Euro Truck Simulator 2 tersebut adalah sebuah persembahan bagi para supir truk dan staf logistik yang telah memberikan pengorbanan mereka di masa-masa sulit ini dan mereka jelas percaya bahwa vaksin menawarkan harapan untuk kembali normal.

Sebagai penutup, mereka mengatakan bahwasanya yang paling penting adalah untuk menikmati acara di dalam gim tersebut, sebarkan berita agar yang lain dapat berbagi harapan, dan untuk tetap aman dan sehat selalu.


Sumber