Sutradara Kreatif dan CEO Scavengers Studio Dituding Melakukan Pelecehan Seksual dan Verbal

Sutradara kreatif dan CEO Scavengers Studio dituding melakukan pelecehan seksual dan verbal menurut laporan dari GamesIndustry.biz, yang berbicara dengan sembilan orang pekerja dan mantan pekerja di Scavengers Studio.

Scavengers Studio adalah sebuah studio swaterbit yang berasal dari Montreal, Kanada dengan sekitar 40 pekerja yang membuat kejutan di Game Awards pada bulan Desember lalu dengan pengumuman gim terakhir mereka, Season.

Bertolak belakang dengan Season yang bernuansa tenang dan hening, sutradara kreatif Simon Darveau dan CEO Amelie Lamarche diduga membina lingkungan kerja dan seksis dan dituding melakukan pelecehan seksual dan verbal setidaknya sejak 2018.

Di salah satu dari banyak insiden dan terjadi pada 2019, Simon Darveau diduga mabuk di pesat perusahaan dan meraba-raba beberapa pekerja wanita. Salah satu pekerja yang diraba oleh Simon Darveau mengundurkan diri pada hari Seninnya dan beberapa meninggalkan perusahaan tidak lama kemudian.

Beberapa tuduhan lainnya termasuk Darveau yang secara terbuka memaki-maki pekerja, membuat pernyataan tidak senonoh tentang penampilan mereka, dan bahkan menolak untuk berbicara dengan pekerja yang ia rasa bersalah selama berminggu-minggu.

Selain itu, diduga ada konflik kepentingan antara Darveau dan Lamarche yang mendirikan studio itu berdua dan diduga memiliki hubungan intim selama beberapa tahun.

Scavengers Studio tidak memiliki departemen atau prosedur SDM selama beberapa tahun dan oleh karena itu, satu-satunya sumber di mana pekerja dapat memberikan keluhannya hanya langsung ke Lamarche yang berulang kali menganggap remeh laporan-laporan mengenai kelakuan Darveau tersebut.

Menurut salah satu pekerja, Lamarche bahkan lebih buruk dari Darveau karena ia selalu menutup-nutupi perbuatan tidak senonoh Darveau.

Scavengers Studios memberikan pernyataan mereka ke GamesIndustry.biz kalau mereka tidak menerima segala bentuk pelecehan dan langkah positif telah diambil untuk mengatasinya dengan, salah satunya, menyewa konsultan SDM di tahun 2019.

Namun tidak ada satu pun dari kesembilan pekerja yang diwawancara tersebut percaya hal tersebut cukup untuk mengatasi isu-isu yang telah muncul, terutama pelecehan yang dilakukan oleh Darveau dan konflik kepentingan yang berujung dari hubungan romantis yang ada di antara Darveau dan Lamarche.

Belum ada tanggapan dari Lamarche maupun Darveau atas tudingan tersebut.


Sumber