[Pojok Retro] MemCard Pro, Memori PlayStation 1 dengan MicroSD

MemCard Pro! Sebuah solusi yang seandainya dibuat sekitar 25 tahun yang lalu akan memudahkan hidup banyak orang.

Masih ingat bagaimana dahulu kita membeli memory card PlayStation 1 dengan besaran berupa “blok”? Di mana gim-gim RPG biasanya memakan paling banyak blok-blok tersebut dan mengakibatkan para pemain pada jaman tersebut membeli banyak memory card atau membeli memory card tidak resmi dengan “halaman” yang bisa dipilih.

Pada tahun 2021 ini, sebuah perusahaan asal Inggris Raya bernama 8BitMods membuat MemCard Pro, sebuah solusi penyimpanan bagi pemain PlayStation 1 yang memanfaatkan MicroSD untuk ruang penyimpanan yang hampir tidak terbatas: satu GB MicroSD saja kira-kira mencukupi untuk sekitar 8192 memory card asli.

Tidak hanya itu MemCard Pro juga dilengkapi dengan chip Wi-Fi dan display LED, jadi Anda bisa mengatur data-data Anda dari peramban web di komputer maupun gawai Anda. Selain itu, juga akan ada rencana pemutakhiran perangkat tegar agar Anda bisa melakukan penyimpanan cadangan di komputer lokal maupun di awan.

Namun ada beberapa kekurangan seperti tidak kompatibel dengan PS2 Slim, harga yang lumayan tinggi sekitar 69.55 Dolar Amerika, dan saat ini hanya tersedia dari produsennya langsung, 8BitMods di Inggris Raya sehingga akan membutuhkan biaya kirim yang cukup tinggi juga ke Indonesia dengan nilai pajak dan cukai yang tinggi.

Anda dapat memasukkannya ke daftar keinginan Anda untuk produk yang akan diluncurkan pada Maret 2021 ini via tautan ini.


Sumber