Pernyataan Etika

Ulasan

Saat ini kami membeli sendiri semua hal yang kami ulas. Kami pastikan apabila kami mendapatkan kode ulasan ataupun sampel gratis dari penerbit, tidak akan mempengaruhi penilaian kami terhadap produk tersebut dan akan kami nyatakan dalam ulasan.

Kami berhak untuk menolak memberikan ulasan untuk kode ulasan ataupun sampel gratis tersebut.

Semua ulasan di gimugemu adalah opini subjektif dari penulis yang melakukan ulasan, dan walaupun kemudian diedit oleh tim di gimugemu sebelum diterbitkan, ulasan apapun tetap mewakili opini seorang individu setelah menghabiskan waktu yang cukup dengan produk yang diulas.

Konflik Kepentingan

Penulis di gimugemu diwajibkan untuk menyatakan hubungan dengan produk yang diulas atau diberitakan apabila ada, seperti misalnya namun tidak terbatas untuk produk yang dibuat oleh keluarga, teman, atau siapa saja yang memiliki hubungan dekat dengan penulis.

Demikian juga halnya dengan produk yang didukung pribadi oleh penulis, seperti misalnya namun tidak terbatas pada produk gim di Kickstarter, yang akan dinyatakan di catatan kaki ulasan dan berita.

Rumor dan Koreksi

Gimugemu pada saat-saat tertentu akan memberitakan rumor yang apabila ternyata terbukti salah, akan dikoreksi dengan yang lebih baru. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara memperbarui artikel lama tanpa merubah konteks, atau membuat artikel baru yang ditautkan ke artikel lama.

Kami tidak akan menghapus artikel yang sudah kami buat.

Opini

Tujuan utama kami adalah sebisa mungkin untuk adil, terpercaya, dan objektif dalam menyajikan berita seputar bidang industri yang kami ikuti terlepas dari ulasan yang pada dasarnya bersifat subjektif seperti yang tertulis di atas.

gimugemu akan memberikan liputan tanpa memihak sebisa mungkin namun bukan tidak mungkin pandangan penulis akan memberikan pengaruh yang subtil di balik nuansa artikel tersebut.

Pada kolom “Opini”, kami memberikan kesempatan penulis di gimugemu untuk bebas memberikan opininya dalam kerangka etika beropini yang sudah kami tetapkan sebelumnya. Opini penulis dalam kolom tersebut tidak mewakili opini gimugemu sebagai entitas sama sekali.

Pengiklan

Bukan tidak mungkin sebuah produk akan muncul sebagai iklan di gimugemu atau pranala afiliasi yang mengarah ke salah satu mitra pengiklan yang dimana kami akan mendapatkan komisi apabila Anda klik/ketuk pranala tersebut. Hal tersebut adalah sebagai salah satu atau dua sarana penghasilan kami. Konten editorial kami mengenai produk tersebut, apa bila ada, tidak akan dipengaruhi oleh iklan dan pranala afiliasinya.

Kami berhak menolak pihak yang menawarkan insentif untuk ulasan dan liputan yang baik mengenai produk mereka.

Pun apabila ada, maka kami akan menandai dengan cukup jelas sebagai artikel berbayar dan hanya memberikan liputan yang terbebas dari ulasan.

Berbagi Gratis

Pada saat-saat tertentu gimugemu akan melakukan kontes bagi-gratis atau giveaway baik melalui situs ataupun akun media sosial gimugemu. Untuk setiap produk yang kami bagikan bukan berarti kami mendukung dan atau mempromosikan produk tersebut ataupun perusahaan yang berada di belakang produk tersebut.

Terakhir diperbarui: 24 Desember 2020