Menguasai Shareholder Meeting di Yakuza: Like a Dragon

Shareholder Meeting adalah salah satu komponen penting di gim mini Business Management di Yakuza: Like a Dragon. Setiap 4 minggu bisnis, maka akan diadakan shareholder meeting dimana Anda harus berhadapan dengan para pemilik saham perusahaan milik Ichiban.

Pada dasarnya ini tidak sulit kok, sama seperti main suwit Jepang dimana Merah (Personil) lebih kuat dari Hijau (Finansial), Hijau (Finansial) lebih kuat dari Biru (Properti), dan Biru (Properti) lebih kuat dari Merah (Personil). Namun, hati-hati, ada sebuah jebakan tersembunyi.

Shareholder Meeting di Yakuza: Like a Dragon

Karisma Bukan Segalanya

Salah satu jebakan yang paling menyebalkan sebenarnya adalah poin Charisma, yang sama saja dengan poin Attack. Entah sudah berapa banyak pemula yang termakan hal ini, termasuk saya.

Yang paling penting sebenarnya adalah…Command Cost! Usahakan menggunakan karyawan yang memiliki command cost rendah, kalau bisa di bawah 8. Boleh menutup mata sedikit terhadap nilai karisma yang tidak terlalu tinggi, tidak masalah.

Command Cost pada hakekatnya adalah Action Cost di gim strategi berbasis giliran.

Tenacity? Tidak apa-apa apabila tidak tinggi, Tenacity di gim mini sama saja dengan HP. Prinsip bermain yang menurut saya terbaik untuk gim mini ini adalah DPS. Terus serang tanpa henti dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Jadi, ya, Omelette sangat terpakai untuk di awal-awal permainan.

Formasi 1-2-1

Formasi terbaik menurut saya, boleh gabungan 1 Hijau – 2 Biru – 1 Merah, 2 Hijau – 1 Biru – 1 Merah, atau 1 Hijau – 1 Biru – 1 Merah. Untuk yang 2, usahakan satu dengan Command Cost sangat rendah (di bawah 6), dan satu dengan Command Cost paling besar 8 namun dengan nilai Charisma yang sangat tinggi.

Sementara yang lainnya usahakan di bawah 8 ya untuk menghemat Command Points.

Serang Perisai Dengan Warna Yang Sama

Ronde awal selalu diawali dengan serangan dari investor. Jangan terjebak dengan peraturan suwit Jepang seperti yang dijelaskan di atas! Selalu serang perisai investor dengan warna yang sama. Karyawan yang memiliki Command Cost rendah sangat baik untuk menghabisi perisai investor terlebih dahulu (tiga kali) karena nilai karisma tidak berpengaruh sama sekali di sini, lalu balas menyerang dengan aturan suwit Jepang tadi.

Nilai karisma yang kecil sama sekali tidak masalah, terus serang berkali-kali sampai investor yang menyerang terkapar. Perhatikan ruas Command Points yang terus berkurang dan pastikan selalu ada, misalnya, Command Cost karyawan yang terbesar (misal 8) x 3 = 24 poin, tersisa untuk bertahan di ronde berikutnya.

Alasan saya menyarankan formasi 1-2-1 adalah agar karyawan dengan Command Cost terbesar dapat disokong dengan yang memiliki command cost kecil dari warna yang sama ketika bertahan.

Dengan contoh yang ada di atas, poin tersisa minimal saya setiap rondenya cukup 15 poin, karena yang terbesar (8) dapat disokong oleh yang 5 poin.

Ulangi kembali untuk investor yang berbeda.

Tahan untuk Minta Maaf

Ichiban memiliki ruas sendiri yang berfungsi untuk meminta maaf kepada para investor yang memberikan efek tergantung level meminta maafnya.

Saya sangat menyarankan untuk menahan sampai ketiga bulatan Ichiban menyala (level 3) dan langsung gunakan agar Ichiban mengeluarkan jurus Flying Dougeza-nya agar Command Points terisi sebagian kembali dan para investor dirantai/stun.

Siap untuk Shareholder Meeting!

Begitulah tips dari saya untuk semakin memudahkan bermain gim mini Business Management di Yakuza: Like a Dragon. Semoga membantu, dan selamat memenangkan argumen di Shareholder Meeting!

Jangan lupa juga membaca ulasan Yakuza: Like a Dragon dari gimugemu!