Ulasan Startup Company

Tanggal Rilis
11 April 2020
Penerbit
Hovgaard Games
Dimainkan di
Steam
Beli di Steam

Pernah bermimpi ingin *roleplay* menjadi Mark Zuckerberg? Startup Company, sebuah gim simulasi bisnis swaterbit dari Hovgaard Games mungkin bisa menjadi jawaban Anda. Setelah membukukan 13 jam+ pada gim ini, berikut ulasan Startup Company dari gimugemu!

Jelas dan Intuitif

Gim ini cukup tidak neko-neko dengan memberikan langsung pilihan-pilihan untuk memulai gim dengan membuat perusahaan dan jenama, nama CEO, dan jenis jenamanya. Pilihan jenis jenamanya, dalam hal ini startup-nya dibagi menjadi beberapa kategori: Social Media, Shopping Platform, Video Sharing Service, Streaming Service, Dating Platform, dan Gaming Platform.

Nantinya Anda dapat menambahkan startup baru milik perusahaan Anda dari kategori yang berbeda sehingga Anda bisa memiliki lebih dari satu jenis startup

Apabila Anda memilih career mode maka Anda akan dipandu dengan panduan yang cukup jelas dan intuitif. Sayang panduan tidak dapat dimatikan untuk permainan ronde-ronde berikutnya jika Anda memutuskan untuk mengulang.

Ulasan Startup Company, gambar 01

Dan Anda juga diberikan penjelasan yang detail untuk quest-quest yang diminta. Tampilan UI yang rapi serta teratur membuat navigasi menjadi sangat lancar dan waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari gim ini cukup singkat.

Saya merasa UI ini mungkin salah satu yang cukup gampang dimengerti untuk kelas gim simulasi yang biasanya terkena jebakan terlalu detail dengan menumpuk terlalu banyak informasi dalam satu layar.

Sayang kamera tidak bisa diputar, hanya bisa zoom dan pan. Hal ini membuat Anda yang mungkin doyan membuat kubikel untuk karyawan dengan rancangan yang terlalu rapat dan sempit akan merasa kesulitan saat ingin melihat detail dari salah satu dari karyawan karena sering salah tekan dengan misalnya, furnitur.

Eksploitasi Pabrik

Setiap karyawan memiliki jabatan masing-masing, seperti developer, designer, manager, researcher, sys admin, dan lain sebagainya. Dan diantara jabatan-jabatan tersebut ada yang menghasilkan komponen-komponen mentah dan modul, sebuah gabungan beberapa komponen atau modul lainnya, seperti misalnya developer yang menghasilkan SMTP Component, Semantic Component, Video Component, dan lead developer yang menghasilkan Input Module, sebuah gabungan UI Component dan Backend Component.

Komponen-komponen dan modul-modul tersebut nantinya akan dikumpulkan dan digunakan untuk menambah fitur-fitur baru pada startup Anda. Penerapannya seperti crafting dalam RPG, untuk menambah fitur X, maka komponen Y sebanyak n buah dan modul Z sebanyak m buah dibutuhkan.

Saat syarat sudah terpenuhi, maka tinggal klik dan fitur itu akan selesai.

Menurut saya, hal ini yang cukup lemah dari gim ini, karena benar-benar tidak ada campur tangan dari pemain untuk fitur tersebut, hanya crafting, crafting, dan crafting saja. Sebuah permainan menunggu komponen-komponen dan modul-modul selesai dibuat oleh para karyawan.

Cukup lemah bukan berarti buruk kok, saya sangat menikmatinya di awal-awal. Namun ketika saya sudah mulai mengumpulan keuntungan dan sedikit kaya, saya bisa memanfaatkan poin Research (yang didapat dari researcher) untuk menyewa Outsourcing Executive.

Outsource Executive di Startup Company

Dengan kata lain, saya bisa mengeksploitasi karyawan dari perusahaan alih daya untuk mengurangi jumlah karyawan perusahaan saya dan mendapatkan komponen dan modul yang saya butuhkan untuk harga yang murah meriah dalam jumlah banyak.

Walaupun ini berarti gim menjadi lebih mudah dimainkan, ini juga berarti gim menjadi agak sedikit membosankan dan repetitif, setidaknya buat saya. Dan saya cukup khawatir karena saya berbicara dari kacamata saya yang sangat menyukai gim-gim tycoon seperti ini.

Sebagai gambaran, saya memesan 500 (nilai maksimal) untuk 4 komponen dasar dan saya hanya perlu membayar 800.000 USD dan selesai dalam waktu kurang dari 7 hari, sementara perusahaan saya sebulannya mampu menghasilkan 6.000.000++ USD, bersih.

Apabila memakai karyawan internal, dengan beban gaji rata-rata 250.000 USD/bulan untuk semua karyawan, saya paling hanya bisa menghasilkan 20-30 modul perbulannya.

Dan ini hitungannya perusahannya juga masih peringkat 50 besar, apalagi kalau perusahaannya sudah makin besar? Tinggal pesan saja semua modul dan komponennya.

Untungnya beberapa modul dihargai cukup mahal jadi setidaknya agak sedikit berpikir sebelum memesan dalam jumlah besar untuk menaikkan level fitur startup-nya dan poin Research tidak bisa dibeli.

Mengatur Karyawan

Mengatur karyawan untuk komponen dan modul apa yang harus mereka hasilkan sama sekali tidak sulit. Cukup tarik dan letakkan saja ikon dari komponen atau modul yang Anda ingin mereka buat. Tentu hal ini akan merepotkan dengan jumlah karyawan yang cukup banyak.

Tenang saja, Anda bisa menyewa Manajer atau beralih fungsi menjadi Manajer apabila karakter Anda saat pembuatan CEO di awal memiliki latar belakang sebagai Manajer.

Manajer berfungsi sebagai control node bagi karyawan-karyawan Anda. Cukup atur komponen dan modul yang ingin Anda buat dan berapa, maka otomatis karyawan akan melaksanakan sesuai dengan perintah, seperti halnya automaton.

Hal ini membuat gim ini sangat bersahabat bagi pemula yang bisa sabar sampai melewati tahapan pertama gim yang lumayan menantang.

Fitur Lainnya

Tentu saja masih banyak sekali fitur-fitur lain di gim ini yang membuat permainan dapat semakin menarik. Seperti pengaturan peladen, investasi untuk mendapatkan bonus-bonus seperti Karyawan Superstar yang datang dengan status lebih tinggi dari karyawan biasa lainnya, dan fungsi takeover/merge startup saingan Anda via pembelian saham.

Satu fitur lainnya adalah menambah kekayaan pribadi sebelum pensiun. Ya, Anda bisa mengambil sebagian omset perusahaan untuk kepentingan pribadi Anda.

Ruang Peladen di Startup Company

Menurut saya fitur-fitur tambahan lainnya ini dapat sedikit kurangnya menambah nyawa gim ini yang akan menjadi sedikit repetitif setelah beberapa saat.

Dan musiknya juga menjadi teman bermain yang sangat baik. Saya pribadi sangat menyukai musiknya.

Startup Company!

Startup Company adalah sebuah gim yang menurut saya sangat bersahabat dengan pemula dan memiliki UI yang baik. Namun dengan polanya yang cukup repetitif, saya tidak yakin ini gim yang dibuat untuk semua kalangan. Yang belum terbiasa dengan pola seperti ini akan membencinya, yang sudah terbiasa akan menyukainya. Saya? Saya cukup suka!

Saya pribadi cukup menikmati 13 jam yang saya habiskan dengan gim ini sebelum merasa sedikit bosan karena Outsource Executive yang sangat efektif. Namun saya akan kembali melanjutkan gim ini untuk beberapa saat lagi, karena, ya, kapan lagi saya bisa melakukan eksploitasi tanpa dipandang buruk? Ha!


Versi yang diulas adalah versi 1.17 dan dibeli sendiri via Steam.

Startup Company
Startup!
Startup Company adalah sebuah gim yang menurut saya sangat bersahabat dengan pemula dan memiliki UI yang baik. Namun dengan polanya yang cukup repetitif, saya tidak yakin ini gim yang dibuat untuk semua kalangan. Yang belum terbiasa dengan pola seperti ini akan membencinya, yang sudah terbiasa akan menyukainya. Saya? Saya cukup suka!
UI yang tertata
Tingkat kesulitan yang pas dan kurva belajar yang baik
Musik yang menyenangkan
Outsource Executive super OP
Repetitif setelah 10-12 jam
7