Ulasan Ghost Parade

Tanggal Rilis
31 Oktober 2019
Penerbit
Aksys Games
Dimainkan di
Nintendo Switch

Ghost Parade, dari pengembang Lentera Studio dan penerbit Aksys Games, sebenarnya telah hadir sejak Oktober 2019 namun saya baru berkesempatan untuk memainkannya beberapa hari belakangan ini. Maka dari itu, berikut ulasan Ghost Parade dari gimugemu!

Anda berperan sebagai Suri, seorang anak SD yang tertinggal bus pulang sekolah dan lalu memutuskan pulang melewati hutan belakang sekolah sebagai jalan pintas untuk menuju ke rumahnya. Entah nahas atau beruntung, Suri bertemu dengan lelembut yang memberikannya lentera ajaib untuk menyelamatkan hutan dan para penghuninya dari kehancuran.

Maka mulailah petualangan Anda sebagai Suri di hutan dengan para lelembut baik hati yang menjadi sahabat Anda!

…andai saja sesederhana dan sebaik itu. Mari mulai dengan beberapa faktor yang jujur saja membuat saya sedikit frustrasi dengan keberadaan gim yang saya mainkan di Switch dengan mode genggam.

Ulasan Ghost Parade 01

Kontrol di Ghost Parade

Dosa terbesar Ghost Parade adalah kontrolnya yang amat sangat tidak bersahabat. Setiap kali melompat Anda akan merasa kalau karakter Anda berada di ruang dengan gravitasi rendah dan ini diperparah pula dengan animasi melompat Suri yang seperti wayang golek yang dicampakkan ke atas dan ke bawah.

Tapi itu belum semuanya, mekanisme wall jump-nya, WALL JUMP-NYA!!! Sangat sulit bagi saya untuk menggambarkan bagaimana kacaunya mekanisme wall jump di gim ini. Kotak deteksi yang terlalu kecil membuat mekanisme wall jump di gim ini menjadi biang keroknya.

Sebagai salah satu contoh: Anda hanya bisa “bergelantung” sementara di salah satu sisi dinding yang melayang dan harus mengarahkan pengontrol Anda ke kanan-kiri sambil menekan tombol lompat, lalu kembali lagi tekan pengontrol kanan-kiri, hanya untuk bisa tetap bertahan di dinding tersebut sembari ditembak dengan api dari segala penjuru dalam situasi tertentu atau terancam terkena akar beracun.

Dengan kotak deteksi yang terlalu kecil, beberapa kali terjadi saya bukannya menempel di dinding namun langsung meluncur jatuh ke bawah dan harus berupaya agar dapat kembali menempel sementara di dinding…, lalu tertembak, jatuh lagi, dan mati, …berkali-kali.

Percayalah bahwa Anda seharusnya tidak merayakan ketika Anda mendapatkan wall jump sebagai jurus tambahan di gim nantinya.

Anda akan mendapatkan beberapa jurus tambahan lainnya seperti dash, mid-air dash, dan parasut yang setidaknya memudahkan permainan Anda, tidak seperti wall jump-nya.

Ulasan Ghost Parade 03
Jurus parasut

Sayang sekali, Anda tidak bisa lagi melompat setelah melakukan mid-air dash dan waktu tunda serta rancang fisik yang tanpa momentum saat melakukan dash lalu double jump mengakibatkan kombo hanya bisa ada dalam teori di gim ini.

Rancangan Level di Ghost Parade

Platforming di Ghost Parade boleh saya masukkan ke kategori hardcore karena tingkat kesulitan yang sangat tinggi dari perancang levelnya karena mungkin ingin memberikan kesan yang sama dengan tren gim belakangan ini seperti Super Meat Boy dan Cuphead yang tenar dengan tingkat kesulitannya.

Atau bahkan mungkin merujuk ke gim-gim klasik masa lalu yang memang juga terkenal sulit, walaupun beberapa sulit sebenarnya karena keterbatasan teknologi pada masa itu, bukan memang dirancang seperti itu.

Namun hal ini, menurut saya pribadi, harus didukung pula dengan kontrol yang baik, rancangan level yang mampu memberikan petunjuk secara visual dan bukan hanya sulit saja, serta waktu muat gim yang cepat apabila Suri tewas.

Ulasan Ghost Parade 02
Bulan yang dirancang dengan sangat baik dan indah

Untuk kasus kontrol yang buruk, hampir tidak mungkin untuk bisa pulih dari serangan bertubi-tubi akar racun dan serangan bola api, menekan tombol apa pun tidak akan ada respons-nya kecuali pasrah. Padahal jarak antara bola api ada jeda beberapa namun tombol sama sekali tidak ada respons.

Saya sampai harus memanfaatkan kutu dari gim ini agar bisa lepas dari serangan bola-bola api beruntun dengan membuka menu terlebih dahulu, tutup, lalu langsung tekan tombol loncat untuk menghindar ketika kembali dari menu.

Entah kenapa dengan membuka menu, saya diberikan jendela kosong untuk melompat dan menghindar.

Untuk duri beracun? Sering sekali terjadi dan sebenci-bencinya saya dengan rancangan yang benar-benar tidak memberikan ruang untuk memulihkan situasi ini, saya terpaksa pasrah.

Sementara untuk kasus petunjuk visual, Ghost Parade juga keteteran karena sering sekali dalam gim ini saya kebingungan harus melangkah ke mana karena platform melayang yang saya tunggu ternyata belum kunjung datang setelah berpindah layar.

Memang sepertinya sepele, tapi ini sesuatu yang menurut saya sangat penting untuk diperhatikan di dalam gim platforming atau metroidvania seperti ini.

Apalagi jika waktu menunggunya lama…waduh…

Yang terjadi adalah, sulit membayangkan rancang level di gim ini sebagai sesuatu yang dibuat untuk membuat pemain merasa tertantang dan menyenangkan.

Adanya saya merasa rancang level di gim ini dibuat hanya untuk membuat pemain membanting stik dan sang perancang tertawa seram di belakang layar, walaupun saya sebenarnya yakin bukan itu niat dari pengembang Ghost Parade.

Untungnya ada banyak sekali pos untuk menyimpan permainan sehingga setidaknya bisa mengulang dari titik terdekat apabila Suri tewas.

…kecuali saat level kejar-kejaran yang salah satunya membuat saya menghabiskan dua jam sendiri dalam menyelesaikannya karena tewas berkali-kali, tanpa pos penyimpanan sama sekali, dan dihajar pula dengan waktu muat gim ini yang cukup lambat, setidaknya di Switch.

Tidak Seimbang

Ketidak-seimbangan gim ini sangat terasa apabila membandingkan pertarungan melawan bos dengan rancangan level platforming yang hardcore seperti di atas.

Pertarungan melawan bos sepertinya dirancang sesuai dengan rating gim ini yang ditujukan untuk semua orang bahkan anak-anak dengan pertarungan yang tidak terlalu sulit dan bahkan tergolong gampang apabila tim Anda dipenuhi oleh karakter lelembut yang datang dengan jurus setrum.

Dan ini sangat berbanding terbalik dengan rancang level platforming-nya yang hardcore dan sangat membuat frustrasi dengan kontrolnya yang buruk dan hal ini membuat saya sedikit bertanya, sebenarnya gim ini dibuat untuk siapa?

Saya senang sih karena setidaknya rasa frustrasi saya ketika memainkan gim ini sedikit terobati ketika saya menghajar habis bos-bos musuh di gim ini.

Ulasan Ghost Parade 04
Suri, the Spiritfarer

Gameplay Ghost Parade

Gim ini juga memiliki sistem level seperti halnya RPG. Tenang saja, Lentera tidak mewajibkan para pemain untuk grinding level karena cukup banyak bonus-bonus di dalam gim yang memberikan kesempatan untuk naik level.

Bahkan hanya dengan mengikuti jalan cerita saja Anda seharusnya bisa memaksimalkan level Anda ke level 25, level tertinggi di gim ini.

Ghost Parade juga memiliki Skill Tree yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan beragam bonus untuk Suri maupun lelembut-lelembut teman Suri.

Ulasan Ghost Parade 05
Serangan tanah, sampai negara api menyerang

Suri dalam perjalanannya akan menemukan beberapa lusin lelembut yang bisa diajak sebagai teman perjalanan Suri. Dan Suri juga bisa memasang tiga lelembut di timnya dengan tiap lelembut akan dipasangkan dengan salah satu kontrol pakem L , ZL, dan R.

Ketika Anda menekan salah satu tombol tersebut, maka lelembut yang dipasangkan pada kontrol pakem tersebut akan mengeluarkan jurusnya, baik itu menyerang, bertahan, atau penyokong.

Sementara itu ZR disimpan untuk serangan maut apabila Anda berhasil mengkombinasikan tiga lelembut yang tepat, seperti misalnya Poci, Kunti, dan Tuyul.

Sayang sekali Ghost Parade hanya mengizinkan pemain untuk memiliki satu slot penyimpanan per-permainan. Dengan kata lain, Anda tidak bisa membuat penyimpanan di slot kedua di dalam gim, kecuali Anda membuat gim baru dan memilih penyimpanan di slot dua.

Ini artinya Anda harus mengulang kembali dari awal apabila Anda ingin memutuskan untuk bersekutu dengan kubu yang berseberangan dari yang Anda pilih pertama kalinya di antara dua kubu lelembut untuk mendapatkan lelembut di kubu yang berseberangan tersebut.

Suri memiliki empat slot aksesoris yang bisa menambah statusnya atau kekuatan teman lelembutnya.

Dan percayalah, Anda harus melakukan banyak sekali backtracking dan dengan rancang level yang sangat sulit, ini sering sekali membuat saya menghela napas.

Ghost Parade memang menyediakan beberapa portal untuk fast travel namun jarak dari portal terdekat dengan tujuan biasanya cukup jauh dan dalam beberapa kasus tertentu, setelah menyelesaikan misi, Anda harus berjalan manual lagi menuju portal dan menuju pemberi misi. Dan ya, ber-platforming frustrasi lagi. Gila.

Tentu saja lengkap dengan permasalahan seperti tingkat bingkai gim yang mendadak mengalami penurunan saat adegan di layar cukup ramai.

Gim Mini

Gim mininya sangat menyenangkan! Mungkin yang terbaik datang dari Ghost Parade adalah gim mininya. Adapun gim mini yang dimuat bersama dengan gim utama adalah gim memori dan memancing.

Dalam gim memori, Anda harus mengingat beragam resep ramuan yang nantinya akan diminta oleh para lelembut. Ada pula varian lainnya nantinya yang tidak membutuhkan kemampuan mengingat, hanya menyesuaikan saja barang yang diminta oleh para lelembut.

Saya bermain sedikit terlalu lama…

Gim yang berikutnya adalah memancing, ada dua varian juga, air asin dan air tawar.

Seluruh mini gim yang ada di gim ini sangat menyenangkan ketika dimainkan dalam waktu singkat dan lumayan menghilangkan penat dari memainkan gim utamanya.

UI dan Desain Karakter yang Indah

Saya sangat senang sekali dengan UI-nya yang tampak sangat bersih dan jelas navigasi menunya. Apalagi jurnal yang berisi para bos, binatang, dan lelembut.

Gaya seni (kecuali petanya…) dan desain karakter para lelembut juga sangat baik sekali dan menjadi favorit utama saya. Saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk melihat desain karakter para lelembut dan membaca profil mereka di UI yang sangat indah tersebut.

Ulasan Ghost Parade 06
Mengagetkan, menganggetkan

Sayang sekali UXnya masih kurang dipoles. Seperti misalnya berganti aksesoris yang membutuhkan saya untuk melepas dahulu aksesoris saya lalu memilih yang baru karena entah kenapa, langsung memilih yang baru dan memasangkannya untuk menggantikan yang lama tidak berjalan di Switch.

Dan akan lebih baik apabila ada tombol pintas untuk mengakses peta level atau peta mini.

Lalu ada pula kasus di mana layar ramuan dan bahan-bahan racikan tidak memiliki kategori dan tidak ada pula kemampuan untuk menyortirnya sehingga semuanya berantakan.

Ulasan Ghost Parade 06
Tidak ada pilihan untuk menyortir

Saya senang sekali dapat memainkan Ghost Parade dalam bahasa Indonesia walaupun terkesan sedikit berantakan dalam penulisannya.

Mungkin karena gim ini ditulis awalnya dalam bahasa Inggris membuat beberapa adegan dan dialog terasa sedikit aneh dan terkadang datang dengan beberapa kesalahan penulisan.

Ulasan Ghost Parade 07
Bisa dibilang saya di sini

Ada yang aneh pula seperti “Serangan Tanah” yang mungkin lebih tepat sebagai “Serangan Darat” atau “Serangan Jarak Dekat.”

Beberapa hal yang sepertinya ingin menambahkan ekspresi seperti *tertawa* mungkin dapat digantikan dengan onomatopoeia seperti “haha,” atau “ha ha…,” untuk tertawa gugup, namun ini hal yang sangat minor dan hanya masalah selera saja sehingga menurut saya tidak terlalu berpengaruh dari gim secara keseluruhan karena ceritanya yang gampang dimengerti.

Dan saya pun sering salah menulis dan menerjemahkan.

Ulasan Ghost Parade 08
…sapi *tersipu*

Musik di Ghost Parade

Saya menginginkan musik yang ada di Ghost Parade untuk tersedia bagi pendengar umum! (Pemutakhiran: Ada di Spotify!) Rancangan suara yang baik ditambah dengan musik yang menggabungkan elemen modern dengan elemen tradisional seperti suling Sunda dan banyak lagi benar-benar membuat musik di gim ini terasa istimewa.

Adegan kejaran-kejaran pun semakin terasa menyeramkan karena dukungan musik yang luar biasa tepat untuk adegan tersebut. Dan di akhir gim Anda akan dimanjakan dengan lantunan lagu yang menurut saya, juga cukup baik dan bagus.

Yang paling saya gandrungi adalah tidak lain suara dan lagu Kunti ketika menyanyi.

Kutu

Adapun beberapa kutu yang berhasil saya temukan di gim ini tidak terlalu mempengaruhi penilaian pada gim ini karena sifatnya yang minor dan tidak menghancurkan permainan.

Dan ada juga kutu yang membuat permainan sedikit tidak menyenangkan seperti salah memberikan informasi di peta.

Seperti pada misi lain di mana Buaya Putih meminta ingin bertemu dengan Kinnari. Petunjuk arah jarum misi di peta salah (di Pasar Hantu dan Kinnari ada di tempat lain) dan mengakibatkan saya membuang waktu beberapa saat untuk mencari Kinnari.

Dan legenda di peta wilayah juga sering sekali salah dan muncul di tempat tak terduga. Namun lagi-lagi tidak terlalu menyebalkan.

Ulasan Ghost Parade 09
Kenapa ada tanda seru misi utama di situ?

Tambahan

Tidak berhubungan dengan ulasan gim ini sendiri, namun Ghost Parade memiliki buku-buku tambahan yang bisa dibeli terpisah seperti Bausastra Lelembut yang berisi informasi tentang para lelembut, dan juga sebuah komik.

Saya membeli keduanya karena ingin mengoleksi dan tidak mempengaruhi ulasan ini dalam bentuk apa pun.

Ulasan Ghost Parade 10

Kedua buku tersebut diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dan hanya tersedia di Indonesia.

Kesimpulan Ghost Parade

Saya amat sangat ingin menyukai Ghost Parade dan sangat sulit bagi saya untuk memberikan kritik seperti ini untuk gim yang sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar namun benar-benar lalai untuk memberikan polesan akhir yang bisa membuat Ghost Parade menjadi waralaba kuat ke depannya.

Kontrol yang sangat buruk, animasi yang sama sekali tidak membantu, tingkat bingkai yang sering mendadak turun, dan rancangan level yang membuat frustrasi benar-benar membuat gim yang memiliki potensi besar dengan rancang karakter dan musik yang sangat baik ini tenggelam.

Amat sangat disayangkan.

Ulasan Ghost Parade
Kesimpulan
Kontrol yang sangat buruk, animasi yang sama sekali tidak membantu, tingkat bingkai yang sering mendadak turun, dan rancangan level yang membuat frustrasi benar-benar membuat gim yang memiliki potensi besar dengan rancang karakter dan musik yang sangat baik ini tenggelam.
Rancangan karakter yang sangat baik
UI yang bersih
Musik tradisional dengan sentuhan modern
Gim mini yang oke untuk permainan singkat
Kontrol...WALL JUMP!
Rancangan level yang membuat frustrasi
Backtracking
Tingkat bingkai yang sering mendadak jatuh
Tidak menyenangkan untuk dimainkan
Tidak bisa memilih slot penyimpanan di dalam gim
5.5