Ulasan HuniePop 2: Double Date

Tanggal Rilis
9 February 2021
Penerbit
HuniePot
Dimainkan di
Steam

Setelah sukses besar dengan HuniePop, pengembang swaterbit HuniePot memutuskan untuk membuat lanjutannya yang berjudul HuniePop 2: Double Date dan masih mengandalkan format gim asah otak/teka-teki dengan bumbu hentai.

Rata-rata karakter yang hadir di gim ini adalah karakter yang pernah tampil di gim-gim sebelumnya di seri ini seperti HuniePop dan spin-off-nya HunieCam dan dengan tambahan tiga karakter baru: Ashley, Abia, dan juga Polly yang memiliki pilihan kelamin berbeda.

Apakah penerus HuniePop ini sama serunya dengan pendahulunya? Saya dapat membelinya setelah mendapatkan potongan diskon imlek di Steam dan berikut ulasan HuniePop 2: Double Date untuk aspek gameplaynya dengan tingkat kesulitan “Normal” dari saya untuk gimugemu!

Ulasan HuniePop 2: Double Date

Teka-teki

Sama seperti pendahulunya, HuniePop 2 merupakan gabungan novel visual bergenre hentai dengan elemen genre teka-teki yang sangat kuat, bahkan boleh dibilang primadona-nya seri ini.

HuniePop berhasil mendrobrak pasar karena gameplay teka-tekinya yang sangat kompleks namun dibuat sangat menyenangkan apabila dibandingkan dengan gim teka-teki lain seperti Bejeweled dan yang lainnya dengan meminta pemain untuk mencocokkan tiga pola yang sama dengan ciri-khas masing-masing.

Misalnya pola berwarna hijau menambahkan poin kasih sayang, emas untuk menambahkan total giliran Anda untuk menambah poin kasih sayang, biru untuk menambahkan sentimen yang nantinya bisa digunakan untuk memakai barang-barang kencan Anda yang bisa membantu Anda memecahkan teka-teki, dan lainnya.

Namun di HuniePop 2, hal tersebut dibuat menjadi semakin rumit dengan adanya dua karakter sekaligus yang harus Anda rayu DAN memiliki stamina terbatas, hal yang menurut saya sangat tidak penting untuk ditambahkan sebagai elemen teka-tekinya.

Stamina

Stamina adalah salah satu elemen tambahan dalam gim ini yang tidak berada pada gim sebelumnya dan ini merupakan tambahan yang saya tidak senangi sama sekali.

Apabila dalam gim sebelumnya Anda bisa berfokus pada teka-teki yang ada di layar, HuniePop 2 meminta Anda untuk bergonta-ganti fokus karakter dengan klik kanan untuk menyelesaikan teka-teki karena setiap Anda berhasil membuat kombinasi sama tiga atau lebih dari elemen teka-teki di layar, stamina karakter yang Anda sedang fokuskan akan terkuras.

Ya, benar, terkuras. Dan semakin banyak kombinasi yang Anda buat atau semakin baik, semakin terkuraslah stamina karakter yang sedang Anda fokuskan. Apabila stamina mereka habis, maka mereka tidak bisa Anda fokuskan dan harus berpindah ke karakter lain yang ada di layar sampai stamina mereka kembali.

Untungnya ada satu elemen warna baru di gim ini yaitu abu-abu untuk menambahkan stamina, yang sedikit kurang membantu juga karena fokus yang sudah terpisah-pisah antara dua karakter.

Dan stamina pulalah yang membuat saya seperti kehilangan insentif untuk mengetahui lebih lanjut karakter-karakter di HuniePop 2 karena untuk berbicara dan memberikan hadiah saja, stamina para karakter wanita akan berkurang!

Hal ini seperti membuat batasan tak kasat mata agar gim ini dapat dimainkan lebih lama.

Baggage

Agar dapat mengetahui lebih baik mengenai latar belakang karakter-karakter di gim ini seperti layaknya gim pendahulunya, Anda harus berbicara dengan karakter-karakter tersebut dalam skema seperti novel visual pada umumnya.

Sedihnya insentif untuk berbicara dan mengetahui latar belakang karakter-karakter di HuniePop 2 nyaris hilang karena stamina yang tergerus apabila mengajak mereka berbicara dan apabila Anda sudah memenuhi syarat tertentu (slot hadiah unik dan sepatu mereka terisi semua), mereka akan bercerita mengenai diri mereka sendiri dan Anda akan mendapatkan “Baggage.”

Anggap saja momen mereka membuka diri mereka terhadap Anda adalah naik levelnya gim ini karena slot hadiah unik dan sepatu mereka akan bertambah satu yang terbuka, demikian juga dengan slot untuk hadiah kencan.

Tentu saja terbukanya slot-slot tersebut akan sangat memudahkan permainan Anda nanti ke depannya.

Namun alih-alih berbahagia, hal ini dibarengi pula dengan tambahan sistem baggage yang memberikan karakter-karakter di gim ini ciri khas yang akan semakin menyulitkan permainan Anda, seperti misalnya Teen Angst dari Lillian yang akan menghilangkan giliran Anda satu unit setiap ia menjadi fokus saat anda menyama-tigakan atau lebih elemen emas (lonceng).

Satu karakter memiliki tiga baggage maksimal dengan total 6 baggage per-kencan untuk tingkat kesulitan tertinggi, dan Anda harus bermanuver antar dua karakter yang memiliki HP dalam bentuk stamina, sembari memecahkan teka-teki yang lumayan kompleks, dan berserah diri pada nilai acak RNG. Gila.

Anda sangat membutuhkan slot-slot kosong di atas untuk mempermudah permainan Anda ke depannya, namun di sisi lain, Anda mendapatkan baggage yang justru semakin menyulitkan permainan Anda. Selain itu, rasanya semakin Anda mengetahui karakter-karakter di gim ini, semakin menyebalkan pula permainannya.

Sangat disayangkan karena beberapa karakter memiliki latar belakang yang sangat menarik seperti Jessie, Nora, and Abia.

Untungnya sistem baggage dapat dinon-aktifkan dengan memilih tingkat kesulitan termudah, atau dibatasi menjadi hanya satu maksimal per-karakter per-kencan dengan tingkat kesulitan normal.

Statis

Hubungan antara Anda dan para karakter di HuniePop 2 terasa agak sedikit statis. Apabila di gim pertama karakter-karakter wanita akan mengabari Anda via email dan tak jarang pula melampirkan foto kegiatan mereka, di gim ini tidak sama sekali.

Jadi hanya lurus lempeng saja: bicara, beri hadiah, kencan dan bermain teka-teki, bonus, gambar hentai yang memiliki variasi sensor, non-sensor, dan “basah,” satu lebih sedikit ketimbang yang pertama yang memiliki 4 variasi gambar, ulangi kembali sampai Anda melawan bos (yang nyaris mustahil dikalahkan) di akhir gim.

Lelucon Om-om dan Gambar

Lelucon di gim ini masih membawa ciri khasnya dari gim yang pertama dan ini keputusan yang baik! Jumlah lelucon om-om di gim ini dengan sedikit bumbu-bumbu dewasa membuat setidaknya siksaan teka-teki dapat terkikis sedikit.

Mulai dari Nymphojinn sebagai nama bos sampai Inna de Poona sebagai nama pulau, semuanya lengkap untuk mengundang setidaknya sedikit tawa saat memainkan gim ini. Walaupun beberapa terasa agak tidak lucu dan sedikit cringy.

Gambar di HuniePop 2 sepertinya sedikit “didewasakan” apabila dibandingkan dengan gim pendahulunya, bukan masalah tentu saja karena gambar-gambar karakter dan latar belakang di gim ini secara subjektif sangat baik.

Kesimpulan

Banyak sekali elemen-elemen tambahan yang sebenarnya tidak perlu, seperti empat jenis “mata uang.” Sementara itu, elemen-elemen yang sebelumnya baik, malah dibuat semakin berantakan seperti pengkategorian barang-barang yang ada di toko yang campur aduk antara makanan, minuman, dan barang-barang unik.

HuniePop 2: Double Date menurut saya gagal memenuhi kodratnya sebagai penerus gim yang boleh dibilang sudah melegenda di genre teka-teki/asah otak dengan bumbu hentainya. Dengan gameplay teka-teki yang dibuat secara tidak perlu terlalu kompleks dan sistem stamina yang menyebalkan membuat bermain gim ini jauh dari kata menyenangkan.

Saya hanya bisa menyarankan HuniePop 2: Double Date kepada penggemar berat gim teka-teki yang sedang mencari tantangan baru untuk dimainkan.

Ulasan HuniePop 2: Double Date
Kesimpulan
HuniePop 2: Double Date gagal memenuhi kodratnya sebagai penerus gim yang boleh dibilang sudah melegenda. Dengan gameplay teka-teki yang dibuat secara tidak perlu terlalu kompleks dan sistem stamina yang menyebalkan membuat bermain gim ini jauh dari kata menyenangkan.
Beberapa karakter memiliki latar belakang yang menarik
Lelucon om-om yang membuat tergelak
Teka-teki yang dibuat terlalu kompleks dan tidak menyenangkan
Sistem stamina sangat membatasi pergerakan pemain secara tidak perlu
Pengkategorian barang-barang di toko yang berantakan karena ada empat "mata uang"
Hubungan Anda dengan karakter terasa statis dan "lempeng" saja.
4.5